Dari tahun ke tahun,konsumsi rokok di indonesia terus meningkat.Ironisnya,dari sekitar 66 juta perokok aktif yang ada di indonesia,3,9 juta diantaranya adalah anak usia sekolah antara 10-14tahun.bahkan dari riset yang di lakukan tingkat konsumsi tembakau yang melambung naik 57 persen tahun ini ,dari yang hanya 44 persen,itu yg dilakukan oleh yang berusia 15-19 tahun
Menurut Susi, angka perokok muda semakin banyak jumlahnya karena
gencarnya perusahaan-perusahaan rokok memasang iklan. Selain di media
dan tempat lainnya, tak sedikit pula iklan rokok dipajang di sekitar
sekolahan tapi tetep aja masih banyak yg rokok
Kami menguji riset di 6 kota di sana kami menemukan beberapa sekolahan yang bebas meroko dan makanya itu sekolahan menjadi salah satu target iklan rokok,
Ada pun delapan sekolah yang bakal di jadikan model percontohan untuk program STAR ( Sekolah Tanpa Advertensi Roko ) di antaranya SMPN 104 jakarta, SMP 82 jakarta ,SMP IT Arahman jakarta ,SMP 117 jakarta ,SMP 15 Bandung, SMP 7 Bandung , SMP 2 Bandung dan SMP Agustinus jakarta
Iklan rokok sangat mengancam siswa-siswa, perusahaan rokok sangat
agresif membuat iklan rokok yang ditempatkan di dekat sekolah kami dan
menjadikan pelajar sebagai generasi perokok baru agar perusahaan tak
bangkrut," kata siswa SMPN 117 Jakarta, Ernawati.
0 comments:
Post a Comment